kesehatan

Cara Mengobati Bau Kaki Alami

Cara Mengobati Bau Kaki Alami

bau kakiCara mengobati bau kaki secara alami dan mudah – caranya bagaimana untuk mengobati atau menghilangkan bau kaki yang mengganggu? Tentu ada beberapa cara untuk mengobati suatu penyakit, ini tergantung dari jenis penyakit atau tingkat keparahan penyakitnya. Penyakit yang satu ini memang umum dialami bagi yang sering menggunakan sepatu, atau yang memiliki aktivitas yang cukup menguras keringat. Sepatu memang merupakan salah satu tempat berkembang biaknya bakteri penyebab bau. Kenapa hal itu bisa terjadi? Ada beberapa pendapat tentang hal ini, namun kali ini akan dibahas mengenai cara mengobati bau kaki secara alami.

Penyebab bau kaki bisa terjadi akibat beberapa faktor, diantaranya :

  • biang keringat (keringat) yang dihasilkan kaki terlalu banyak
  • pentilasi kaki kurang baik, sehingga udara yang masuk ke dalam sepatu kurang lancar
  • keadaan kaos kaki atau sepatu yang basah (basah akibat keringat, atau air)
  • bahan kaos kaki yang kurang cocok, sehingga tidak menyerap keringat dengan baik. atau malah membuat keringat berkembang menjadi bau.
  • biasanya perokok lebih sering terkena penyakit bau kaki ini, belum diketahui alasan yang pastinya (hanya kebanyakan perokok yang mengalami bau kaki).

Jika ada penyebab bau kaki, tentu ada juga cara pengobatannya atau mengatasinya. Berikut beberapa tips sehat dari SM (sirsak manggis).

Cara Mengobati Bau Kaki Secara Alami

Jangan khawatir untuk anda yang mengalami bau kaki ini, memang penyakit bau kaki bukan penyakit yang berbahaya dan bukan penyakit yang menular, tapi merupakan penyakit penghilang PeDe (percaya diri). Banyak orang yang mengalami penyakit bau kaki dan kehilangan rasa percaya dirinya akibat bau yang tidak sedap dari kaki mereka. Tak perlu khawatir, kini ada cara yang tepat untuk mengobati bau kaki dengan alami cara-cara sederhana dan mudah dilakukan.

Berikut langkah dan cara mengobati bau kaki alami :

1. Biasakan cuci kaki setelah memakai sepatu

Jika anda pulang sekolah, kuliah ataupun kerja jangan lupa melepas sepatu anda dan cuci dengan air sampai bersih, kalau bisa pakai sabun. Lebih bagus kalau pake sabun atijerawat yang mengandung benzoil peroksida tinggi, minimal 10 %.  Peroksida benzoil secara perlahan bekerja dengan melepaskan oksigen aktif yang memberikan efek bakteriostatik juga mempunyai efek keratolitik dan mengeringkan sehingga menunjang efek pengobatan.

2. Sebelum memakai sepatu, taburi bubuk kopi tanpa gula pada sepatu atau kaos kaki

Langkah selanjutnya menurut pengalaman saya yang bisa membuat sepatu tidak bau, bisa dengan menaburkan sedikit bubuk kopi pada sepatu atau kaos kaki, ini cukup efektif untuk menghilangkan bau, tapi tidak terlalu baik untuk mengobati baunya.

3. Air baking soda bisa membantu menghilangkan penyakit bau kaki

Nah, jika bubuk kopi membantu menghilangkan bau, baking soda ini baik untuk membantu mengobati penyakit nya. Jadi penyakit bau dari kaki perlahan bisa sembuh dengan baking soda ini. Caranya? tuang sedikit baking soda pada air hangat. cuci kaki hingga bersih minimal 5 menit, lakukan setiap hari secara rutin sampai sembuh.

4. Gunakan kaos kaki yang cocok

Kaos kaki bisa menjadi penyebab bau kaki yang menyengat dan tidak mengenakan itu. Karena jika bahannya tidak tepat bisa membuat kaki menjadi lebih bau dan keringat malah berkembang menjadi bakteri yang membuat bau kaki. Ada beberapa bahan kaus kaki yang dianjurkan, yang paling sering dan baik menurut saya adalah kaos kaki berbahan katun. Karena bahan ini bisa menyerap keringat secara optimal.

5. Ganti sepatu dan kaos kaki sesering mungkin

Penggunaan sepatu, terutama kaos kaki yang terlalu sering atau jarang diganti bisa menjadi pemicu bau kaki anda. Karena bakteri pada kaos kaki yang kotor akan semakin cepat berkembang biak dan cepat membuat kaki menjadi bau. Apalagi jika keadaan kaos kaki atau sepatunya basah, uuhhhh.. no !!

Hindari juga penggunaan sepatu basah atau kaos kaki yang basah, karena bakteri akan berkembang cepat dan kaos kaki basah merupakan sarang bakteri.

6. Bisa menggunakan kertas pengering dalam sepatu anda

Kertas pengering bisa berfungsi mengurangi perkembangan bakteri penyebab bau kaki. Kenapa? karena kertas ini menyerap keringat dan membuat kaki menjadi kering dan terjaga dari perkembangan bakteri.

7. Obat kumur bisa membantu mengurangi bau kaki

Selain sebagai penghilang bau mulut, obat kumur juga bisa mengurangi bau di kaki anda. Caranya, tuangkan sedikit obat kumur ke dalam air (kalau bisa air hangat kuku). Lalu cuci kaki anda dengan air ini sampai bersih, biasakan lakukan ini secara rutin. sampai sembuh

8. Tepung maizena bisa membantu mengurangi bau kaki

Selain bahan-bahan dapur di atas , yang bisa digunakan untuk membantu menghilangkan bau kaki adalah tepung maizena. Tapi kalu obat kumur atau baking soda harus dicampur dengan air, ini sebaliknya. Tepung maizena harus dalam keadaan kering ditaburi pada kaus kaki, sepatu dan jangan lupa pada jari-jari kaki. Lakukan hal ini sebelum memakai kaos kaki.

Hal yang tidak kalah penting dan harus anda lakukan adalah dengan mengkonsultasikan penyakit bau kaki anda ke doter. Karena dengan bantuan dokter atau orang yang tepat bisa mempercepat penyembuhannya. 

Sekian tentang cara mengobati bau kaki alami, selamat mencoba dan semoga lekas sembuh..

— give Me a Smile🙂

:: cara mengobati bau kaki alami ::

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s